Bidang Bahasa dan Sastra selalu mendapat perhatian khusus terutama dari para peminat dan penggiatnya. Organisasi di bidang bahasa dan sastra antara lain: Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI), Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI), dan The Association of Teaching English as a Foreign Language in Indonesia (TEFLIN) merupakan beberapa contoh organisasi profesi yang cukup aktif menggiatkan para peminat bahasa dan sastra dalam berbagai kegiatan baik dalam skala lokal maupun nasional. Bisa dipastikan, setiap tahun ada kegiatan kajian bahasa dan sastra yang diselenggarakan baik dari institusi kependidikan swasta, negeri, maupun dari organisasi profesi.

Tahun 2016 ini, Pusat Bahasa Universitas Tidar bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah, dan HISKI komisariat Kedu, akan mengadakan Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya atau disingkat KABASTRA, dengan tema: “Bahasa, Sastra dan Pengajarannya dalam Perspektif Ideologi, Ekologi, dan Multikulturalisme”. Dalam perkembangannya, ketiga kajian diatas mulai memunculkan kajian baru yang kiranya belum pernah dilakukan selama ini. Dengan adanya seminar nasional ini diharapkan para peneliti, dosen, guru, dan khalayak umum yang memiliki minat terhadap bidang Bahasa, Sastra, dan pengajarannya, akan dapat berkumpul, untuk saling bertukar gagasan baru yang akan bermanfaat untuk memperkaya khazanah pengetahuan para peserta.

UNTID SEMINAR BAHASA PREVIEW

Seminar nasional KABASTRA 2016 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 07.00 – 17.30 WIB, bertempat di Auditorium Universitas Tidar Jalan kapten Suparman No.39, Magelang.

Akan hadir sebagai pemakalah utama dalam seminar nasional ini adalah kepala Balai Bahasa: Prof.Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, Ketua HISKI: Prof Dr. Suwardi Endaswara M.Hum, serta Rektor Universitas Tidar: Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Peserta KABASTRA tidak terbatas pada anggota organisasi profesi saja, akan tetapi para dosen, peneliti, guru, mahasiswa, masyarakat pemerhati bahasa, sastra dan pengajarannya, dapat bergabung dalam acara seminar nasional ini baik sebagai pemakalah pendamping maupun sebagai peserta.

Sejauh ini antusiasme masyarakat atas seminar nasional ini cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya makalah yang masuk untuk diseleksi panitia. Beberapa abstrak yang diterima oleh panitia KABASTRA dapat dilihat disini.

Informasi lebih lanjut mengenai seminar nasional KABASTRA 2016 dapat menghungi panitia melalui surat elektronik dengan alamat: seminar.kabastra@gmail.com , melalui nara hubung panitia seminar KABASTRA: Ibu Farikah (081328583435), atau silakan kunjungi Kabastra

(NP)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY