Pada hari Jumat, 13 Mei 2016, Balai Bahasa Jawa Tengah menggelar Seminar: “Standardisasi Pengajaran dan Kompetensi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)” dengan pembicara Dr. Liliana Muliatuti, M.Pd. (Ketua APPBIPA Pusat) dan Dr. Maryanto, M.Hum. (Kepala Bidang Diplomasi Kebahasaan, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa). Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Balai Bahasa Jawa Tengah, Language Training Center (LTC) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dan Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing untuk mendukung lahirnya APPBIPA di Jawa Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Liliana juga melantik pengurus APPBIPA Jawa Tengah yang diketuai oleh Yusro Edy Nugroho, S.S.M.Hum. (UNNES) dan Drs. M.Muzakka,M.Hum (UNDIP) sebagai wakil ketua. Universitas Tidar ikut bergabung dalam APPBIPA Jawa Tengah. Dalam kepengurusan APPBIPA Jateng, Kepala UPT Bahasa Universitas Tidar, Dr. Farikah, M.Pd. menjabat sebagai koordinator wilayah Jateng bagian tengah.

APPBIPA

Salah satu tujuan pembentukan APPBIPA Jateng ini adalah mengakomodasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan profesionalisasi pengajar BIPA, standardisasi pembelajaran BIPA, dan penyebarluasan informasi pembelajaran BIPA. (FF)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY